4 Tips Berternak Ayam Petelur Untuk Pemula

Telur ayam sudah menjadi komoditas yang paling laku sejak dulu di pasaran, telur ayam ini merupakan sumber protein karena kandungan proteinnya yang begitu tinggi. bahkan jenis makanan ini juga baik untuk dikonsumsi setiap harinya selain itu juga proses masaknya sangat praktis yang bisa digoreng, rebus ataupun dengan olahan yang lainnya. Tingginya permintaan dari telur ayam ini bisa dijadikan salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan ke depannya. Berternak ayam petelur bisa menjadi salah satu usaha yang mempunyai prospek bagus ke depannya. Ini merupakan salah satu jenis usaha yang sangat cocok bagi Anda yang sedang berencana untuk memulai sebuah usaha.

Beberapa Tips Dalam Memulai Usaha Berternak Ayam Petelur Untuk Pemula

Dalam memuai sebuah usaha maka harus diperhatikan beberapa hal agar usaha Anda bisa berkembang dan lancar ke depannya, berikut ini beberapa tips dalam memulai usaha ternak ayam petelur diantaranya adalah:

  1. Pemilihan lokasi kandang ayam

Memilih kandang untuk ayam ini sebaiknya jangan di tengah perkampungan karena perlu diingat bahwa pada umumnya kandang ayam ini menghasilkan bau yang cukup tidak enak dan juga menyengat sehingga akan sangat mengganggu kenyamanan warga di sekitar bahkan bisa menghambat usaha Anda. Sebaiknya memilih kandang yang jauh dari perkampungan warga karena ayam juga akan stress jika berada diwilayah yang ramai dan bisa mempengaruhi produksi telur ayam yang menjadi menurun.

  1. Memilih bibit ayam yang berkualitas

Anda bisa memilih jenis ayam petelur yang sehat dan juga tidak memiliki cacat fisik. Kemudian jika Anda akan memilih bibit ayam petelur dari kecil maka harus dipastikan perkembangan dan juga pertumbuhan ayam bisa secara normal. Rawatlah bibit ayam petelur ini agar tidak mudah terkena penyakit.

  1. Perhatikan kebersihan kandang ayam

Kebersihan kandang ini sangat mempengaruhi dari kesehatan ayam, kandang kotor akan lebih besar mendatangkan berbagai risiko penyakit untuk ayam. Anda harus rajin membersihkan kotoran ayam dan juga wadah pakan agar ayam bisa berkembang dengan baik dan bertelur baik tanpa masalah.

  1. Memberi pakan ayam yang sehat dan bernutrisi

Berikan pakan sehat untuk ayam dengan intensitas 3 kali sehari dan minum, pakan ayam petelur ini harus dalam porsi yang pas tidak boleh kurang ataupun kelebihan. Selanjutnya bisa memberikan vitamin dan nutrisi agar ayam bisa semakin sehat dan mampu bertelur banyak.

Related posts:

This entry was posted in Bisnis.