Ayam Kalasan, Kuliner Buruan Wisatawan Jogja

Wisata kuliner di Jogja kini tak sebatas gudeg saja. Menu baru yang tengah jadi buruan wisatawan di Kota Pelajar ialah ayam Kalasan. Kuliner satu ini berupa ayam goreng atau bakar yang diolah menggunakan bumbu khas. Bahan utamanya menggunakan ayam petelur afkiran atau ayam kampung. Bumbu khas yang digunakan ialah paduan antara bawang putih serta garam. Yang menjadikannya unik adalah bahan kremesan dalam menu ayam Kalasan yang terbuat dari tepung kanji. Memasak ayam Kalasan juga tak butuh teknik khusus. Hanya saja, dibutuhkan perhatian khusus saat mengungkep ayam selama 4 hingga 5 jam.

 

Proses Memasak Ayam Kalasan dan Sejarahnya

 

Kaldu dari proses ungkep ayam tersebut akan dapat digunakan dalam pembuatan kremesan. Campurkan telur, kaldu dan tepung kanji di satu adonan lalu goreng. Di wilayah Kalasan khususnya Dusun Bendan, Candisari, terdapat sedikitnya 54 penjual ayam goreng ini. Jumlah ini sudah termasuk beberapa penjual ayam Kalasan yang populer seperti Mbok Berek, Ayam Goreng Candisari serta Nyonya Suharti. Dalam sehari, masing-masing penjual dapat menghabiskan 25 ekor ayam di mana tiap porsinya dibanderol antara Rp40.000 hingga Rp50.000, sebagaimana tercantum di laman harga.top. Menu yang satu  ini sendiri belum terlalu ditelisik mengenai sejarahnya, walau sudah terbilang populer di Indonesia.Umumnya, orang-orang hanya tahu bahwa kuliner ini memang berasal dari Kalasan, Yogyakarta.

 

Akan tetapi menurut beberapa sumber, Ayam Kalasan konon pertama kali dibuat oleh seseorang yang bernama Mbok Berek. Nama aslinya adalah Nini Ronodikromo dan nama kecilnya Nyi Rame. Sebutan Mbok Berek muncul karena ulah sang anak yang seringkali rewel dan menangis dengan menjerit-jerit atau dalam bahasa Jawa berarti berek-berek. Mbok Berek inilah yang dulunya memulai usaha ayam goreng pada warung kecil dengan hanya satu meja dan empat kursi. Nama Ayam Kalasan diambil dari nama daerah tempatnya tinggal. Bahkan pada 1972, keturunan Mbok Berek mendaftarkan hak paten untuk ayam Kalasan yang merknya Mbok Berek.  Walau dulunya disebut resep rahasia, namun kini resep ayam Kalasan sudah diadaptasi berkali-kali dengan tetap berpegang pada resep dasar Mbok Berek.

Related posts:

This entry was posted in Bisnis.