Bahayanya Menyalakan AC Saat Masuk Mobil

tips kesehatanBiasanya pemilik mobil akan langsung menyalakan AC saat masuk ke dalam mobil. Ini dikarenakan udara panas di luar yang begitu menyengat dan tentunya ingin adanya kenyamanan saat berkendara. Memang akan menjadi terasa sejuk dan segar jika AC menyala ketika baru masuk mobil. Akan tetapi efek yang ditimbulkan cukup mengerikan bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah munculnya berbagai macam penyakit yang membahayakan seperti kanker darah dan penyakit lainnya. Hal ini tentunya dikarenakan bercampurnya berbagai material yang terdapat dalam kabin yang mengandung plastik, karet dan bahan lainnya saat terkena udara panas sehingga menimbulkan reaksi kimia yang memicu penyakit kanker.

Sebab, Akibat Dan Solusinya

Berbagai material yang terdapat dalam kabin seperti pengharum kabin, plastik, karet sebagai bahan pelapis jok dan lain sebagainya jika terkena panas matahari tentunya akan menghasilkan suatu zat yang dapat menyebabkan kanker jika terhirup oleh Anda ketika masuk dan langsung menyalakan AC yang kemudian langsung menjalankan kendaraannya. Salah satu zat tersebut adalah benzena, zat tersebut meracuni tulang-tulang sehingga muncul penyakit anemia yang kemudian menurunkan jumlah sel darah putih. Jika Anda melakukan hal itu teralu sering bukannya tidak mungkin yang akhirnya dapat menimbulkan penyakit leukemia. Tubuh manusia hanya mampu menerima racun Benzena sekitar 50 mgr./ ft2 dan mobil yang terparkir di bawah terik matahari mampu menghasilkan racun Benzena hingga 800 mgr.

Akan tetapi jika kendaraan Anda terparkir di bawah terik matahari di atas 15ÂșC maka benzena yang dihasilkan bisa mencapai 4 ribu mgr., tentu amat sangat berbahaya sekali jika dihirup setiap hari. Karena itulah biasakan untuk tidak langsung menyalakan AC begitu masuk mobil yang dalam keadaan tertutup rapat dan panas. Setiap habis terparkir sebaiknya buka semua jendela terlebih dahulu hingga 5-10 menit jika ingin langsung digunakan. Hal ini tentunya berguna untuk menghilangkan semua racun benzene yang ada dalam mobil. Setelah itu Anda bisa menyalakan AC-nya kembali dan menutup semua jendela mobil dengan aman sebab racun-racun sudah keluar dari dalam mobil.

Related posts: