Berbagi Ilmu Pengetahuan Memilih Hewan Qurban

Berbagi Ilmu PengetahuanIdul ‘Adha merupakan salah satu hari raya yang dimiliki oleh agama Islam. Hari raya yang satu ini juga biasa disebut dengan hari raya haji karena hari raya ini bertepatan dengan pelaksanaan haji di kota Mekkah. Idul ‘Adha jatuh pada tangga 10 Dzulhijjah berdasarkan kalender muslim. Hari raya yang satu ini tentulah diidentikkan dengan memotong hewan qurban. Memotong hewan qurban menjadi salah satu bentuk perintah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Tidak semua hewan dapat dijadikan sebagai hewan qurban. Hanya beberapa hewan saja seperti kambing, domba, unta, sapi, dan kerbau yang bisa dijadikan hewan qurban. Memilih hewan-hewan tersebut pun tidak boleh sembarangan, ada berbagai macam syarat yang harus dimiliki oleh hewan qurban tersebut. selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa hewan tersebut dalam keadaan sehat. Kami akan berbagi ilmu pengetahuan mengenai memilih hewan qurban yang baik dan sehat.

Berbagi Ilmu Pengetahuan Mengenai Cara Memilih Hewan Qurban Yang Baik Dan Sehat

Sebelum mengetahui ciri-ciri hewan qurban yang sehat, kami akan berbagi ilmu pengetahuan  mengenai syarat hewan qurban terlebih dahulu. Syarat yang pertama adalah dengan hewan tersebut tidak boleh sakit, pincang, buta, dan berbagai macam cacat lainnya. syarat yang kedua adalah bahwa umur dari hewan tersebut telah mencukupi syarat. Untuk sapi atau kerbau telah berusia 2 tahun, kambing dan domba 1 tahun, sedangkan untuk unta telah berumur 5 tahun. Pergantian antara gigi susu dan gigi tetap menjadi salah satu cara untuk mengetahui umur hewan tersebut. syarat yang ketiga adalah diperoleh dengan menggunakan cara yang baik (tidak mencuri, merampas, menipu, dan membelinya dengan uang haram).

Setelah mengetahui beberapa syarat dari hewan qurban tersebut, ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa hewan qurban tersebut merupakan hewan yang sehat. Ciri yang pertama adalah dengan melihat gerakan lincah dari hewan tersebut. hewan yang sehat akan nampak bergerak aktif, lincah, dan penuh semangat. Ciri yang kedua adalah memiliki rambut yang halus serta bebas dari berbagai macam parasit seperti kutu dan lain sebagainya. Ciri yang ketiga adalah tidak mengalami cacat apapun seperti buta, pincang, dan lain sebagainya. Ciri yang keempat adalah tidak mengeluarkan air liur yang terlalu  banyak. Ciri yang kelima yaitu memiliki mata yang jernih dan tidak belekan. Demikian berbagi ilmu pengetahuan mengenai cara memilih hewan qurban yang baik dan sehat.

Related posts: