Cantengan Di Kuku Jempol

tips kesehatanBagi kalian yang belum tahu apa itu cantengan, cantengan adalah tumbuhnya kuku ke jaringan sekitar kuku pada samping kiri atau kanan. Padahal kuku harusnya tumbuh ke atas atau ke depan. Sebagai akibatnya jaringan yang tertusuk kuku menjadi infeksi. Nah, apa yang menyebabkan kuku tumbuh menyamping? Hal ini disebabkan karena terjadi trauma pada kuku misalnya memotong kuku terlalu pendek atau benda asing yng terdapat pada jaringan sekitar kuku yang menyebabkan infeksi. Biasanya cantengan sering terjadi pada kuku jempol kaki. Gejala yang biasanya timbul akibat cantengan adalah jempolĀ  kuku terasa sakit, sekitar kuku bengkak, merah, dan jika sudah parah akan disertai demam.

Bagaimana cara mengatasinya? Perawatan yang bisa dilakukan di rumah adalah rendamlah kaki pada air hangat dan campuran garam selama 15 menit sebanyak 2-3 kali sehari. Cara tersebut dapat mengurangi rasa nyeri akibat cantengan. Kemudian olesi jempol kaki dengan krim antibiotik, setelah itu balutlah dengan kasa steril. Jika cantengan terasa sangat sakit dan nyeri maka minumlah obat penghilang rasa sakit, Anda dapat membelinya di apotek. Contohnya ibuprofen, parasetamol, asam mefenamat, dll. Tetapi, tetap perhatikan cara pemakaiannya dan minumlah seperlunya saja. Untuk menjaga kaki agar tetap kering, pakailah alas kaki yang terbuka, contohnya sandal. Hal tersebut agar cantengan tidak lembab dan tidak bertambah parah.

Apabila perawatan diatas telah dilakukan, namun cantengan masih belum sembuh, bahkan bengkak semakin meluas dan demam. Maka kini saatnya Anda berkunjung ke dokter. Pengobatan atau tindakan yang dilakukan oleh dokter untuk mengobati cantengan biasanya berupa pengangkatan kuku, membuang sebagian kuku, atau jika cantengan sudah terlalu parah akan dilakukan pencabutan kuku jempol. Untuk menghindari penyakit cantengan ini dapat dilakukan hal berikut, yaitu potonglah kuku dengan benar. Jangan memotong kuku terlalu pendek atau terlalu dalam dan potonglah kuku dengan pola lurus bukan melengkung. Kemudian gunakan pelindung kaki tertutup seperti sepatu apabila sedang melakukan aktivitas agar terhindar dati masuknya kotoran ke kuku yang menyebabkan trauma pada kaki.

Related posts: