Daun Bawang Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

tips kesehatanDaun bawang yang sering digunakan untuk pelengkap dan penyedap dalam membuat sayuran atau masakan ternyata cukup bermanfaat untuk kesehatan. Daun bawang memiliki bentuk seperti batang yang bertekstur lunak dan memiliki 2 jenis yaitu semprong dan juga bakung. Ciri-cirinya hampir sama, yang membedakannya adalah jika yang semprong memiliki umbi akar yang besar, sedangkan yang bakung tidak memiliki umbi akar. Daun bawang memiliki kandungan seperti zat besi, serat, kalium, senyawa cycloaliin, antioksidan dari quercetin, dan kemferfol. Juga mengandung zat phytokimia seperti allium dan alil disulfida serta anti bakteri dan anti jamur serta anti virus yang sudah barang tentu akan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dengan kandungan yang begitu banyak maka sudah pasti daun bawang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti menyehatkan sel-sel darah merah, memperlancar pencernaan, dan yang lainnya. Selain itu dengan tingginya kandungan kalium dan cycloaliin serta polysulfides dalam daun bawang ini membuatnya cukup baik dalam mengurangi resiko penyakit jantung serta mencegah terjadinya kram otot. Kemudian kandungan mineralnya yang cukup banyak tentunya akan bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah yang tentunya juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Lalu Vitamin K dan protein yang juga terdapat dalam daun bawang ini dapat memberikan kekuatan pada tulang hingga akan terhindar dari osteoporosis.

Kandungan phytokimia dalam daun bawang dapat meningkatkan metabolisme glukosa dalam darah dan mencegah terjadinya degradasi insulin. Dan jika anak mengalami cacingan, daun bawang ini cukup ampuh dalam mengobatinya. Selain itu zat anti bakterinya dapat menghambat terjadi peradangan dan infeksi pada luka sehingga akan mempercepat kesembuhan dari luka itu sendiri. Dan bagi yang sedang mengalami masalah dalam pencernaan, sebaiknya mengonsumsi daun bawang sedikit lebih banyak dari biasanya untuk mengembalikan fungsi pencernaan yang sehat. Karena daun bawang juga mengandung serat yang cukup tinggi, bahan masakan ini dapat juga mengatasi sembelit dan memperlancar pencernaan. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi daun bawang, baik dalam keadaan matang atau belum matang karena besar sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Related posts: