Informasi Seputar Manfaat Beras Merah

tips kesehatanSeperti diketahui bahwa beras memiliki banyak varian bahkan di setiap negara memiliki jenis beras yang berbeda-beda. Tidak hanya bentuknya yang berbeda kadang warna dan rasanya juga berbeda. Akan tetapi semuanya sama-sama mengandung karbohidrat yang cukup banyak dan juga gula. Meskipun demikian Indonesia menjadikan beras sebagai bahan makanan pokoknya walaupun sebenarnya masih banyak lagi bahan makanan yang memiliki kandungan yang sama dengan beras. Seperti singkong atau ubi kayu, ubi atau ubi jalar, kentang dan lainnya. Namun ada 1 jenis beras yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan makanan pendukung diet karena mengandung sedikit karbohidrat dan gula.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Sesuai dengan namanya bahwa beras merah memang berwarna merah namun tidak semerah yang ada namun lebih ke agak kecokelatan. Cukup banyak manfaat yang diberikan beras merah untuk kesehatan kita, diantaranya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan tingginya serta yang terkandung membuat beras merah dapat mencegah timbulnya batu empedu. Dengan kandungan kalori yang cukup rendah maka akan membuat perut tidak mudah buncit. Beras merah juga mengandung serat yang cukup untuk kebutuhan tubuh sehingga dapat memperlancar pencernaan dengan demikian metabolisme tubuh akan bekerja sesuai dengan baik. Beras merah juga sangat baik untuk penderita diabetes karena kandungan kalorinya yang rendah.

Selain itu beras merah juga mengandung magnesium dan vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi sehingga akan melindungi tulang dari pengeroposan dini. Juga disinyalir dapat membuat tubuh terhindar dari kanker. Karena kandungan selenium dan polifenolnya yang digabungkan dengan serat maka akan sangat bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar dan radikal bebas lainnya yang berakibat timbulnya berbagai penyakit. Beras merah sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan diet karena memiliki kepadatan energi yang rendah, berasal dari biji-bijian yang memang sangat baik untuk mengurangi berat badan. Dengan kandungan glikemiknya yang rendah mampu mengendalikan terhadap kalori di dalam tubuh. Sehingga akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada mengonsumsi beras putih.

Related posts: