Kelainan Pada Pembuluh Darah Retina

RetinaPembuluh darah pada retina memang cukup sering terjadi pada pasien yang sudah lanjut usia atau yang memiliki penyakit tertentu yang tentunya harus ditangani dengan cermat dan tepat. Terutama bagi penderita diabetes yang memang harus ditangani dengan teliti dan hati-hati. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kelainan pada pembuluh darah yang menuju ke selaput jala tersebut. Diantaranya adalah retinopati hipertensif yang disebabkan karena pasien menderita tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan pembengkakan pada saraf optik. Kemudian oklusi vena karena pembuluh vena (RVO) menyempit akibat penyumbatan. Oklusi arteri sentral yaitu kelainan karena penyumbatan pembuluh darah utama yang juga membawa oksigen. Dan yang terakhir kelainan diabetic retinopati kelainan yang dikarenakan penyakit diabetes.

Penanganan Pada Kelainan Pembuluh Darah Retina

Untuk penanganannya pada masing-masing penyakit tentunya berbeda-beda. Namun yang pasti adalah penanganan tersebut dilakukan oleh dokter ahli dari sebuah klinik yang sangat berkualitas dan berpengalaman. Penanganan untuk kelainan pembuluh darah retina menggunakan laser yang tujuannya untuk mengatasi dan mengurangi akibat dari komplikasi yang berkelanjutan sehingga tidak menjadi bertambah parah. Biasanya bagi mereka yang memiliki penyakit hipertensi, diabetes, kardiovaskuler, penggumpalan, penggunaan kontrasepsi minum dan lain sebagainya. Jika terjadi pembengkakan maka dengan penyuntikan ke dalam rongga vitreous akan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi.

Untuk oklusi artesi sentral atau CRAO yang merupakan penyumbatan darah arteri pusat yang membawa oksigen ke mata. Jika sudah parah maka pasien akan dilakukan tindakan dengan 2 tahap yaitu mengobati untuk melakukan pijatokular sebagai cara untuk meningkatkan kembali penurunan penglihatan pada mata. Yang kedua dengan menemukan yang menjadi penyebab terjadinya penyumbatan. Dengan demikian kelainan pembuluh darah dengan oklusi arteri retina pusat ini akan dapat tertangani dengan benar dan tepat sasaran. Bagi Anda yang tiba-tiba mengalami kehilangan penglihatan secara mendadak segera untuk berkonsultasi dengan dokter mata di kota Anda sehingga dapat ditangani dengan segera. Jika terlambat maka kebutaan akan Anda alami selamanya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related posts: