Langkah-Langkah Serta Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan Suami Istri

doa mandi wajibSebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban untuk menjaga kebersihan baik tubuhnya sendiri maupun lingkungannya. Mani adalah cairan najis yang seharusnya dibersihkan sebelum Anda beribadah. Rukun beribadah salah satunya yaitu suci dari hadast yang besar maupun hadast yang kecil. Bagi pasangan suami istri, melakukan hubungan badan atau bersetubuh merupakan hal yang wajar dan sudah pasti mengeluarkan mani. Oleh sebab itu karena mani merupakan hal yang najis, maka perlu disucikan. Salah satunya dengan mandi wajib. Mandi wajib berbeda dengan mandi biasa. Doa mandi wajib setelah berhubungan ada sendiri dan juga memiliki tata caranya sendiri.

Ini Merupakan Langkah-Langkah Mandi Wajib Atau Rukun-Rukun Doa Mandi Wajib Setelah Berhubungan

  1. Menyiapkan air yang suci. Gunakan air biasa sehingga dapat menyucikan tubuh dari hadast besar maupun kecil.
  2. Berwudhu sebelum menyiramkan air ke seluruh tubuh. Hal ini merupakan hal sunah yang lebih baik dilakukan namun boleh ditinggalkan.
  3. Siram air dari ujung kepala sembari mengucapkan niat doa mandi wajib setelah berhubungan badan di dalam hati.
  4. Siram bagian tubuh bagian kanan terlebih dahulu, setelah merata oleh air lalu disusul bagian kiri.
  5. Siram minimal 3 kali bisa lebih dengan kelipatan bilangan ganjil seperti 5 kali, 7 kali, 9 kali dan seterusnya sampai seluruh tubuh basah merata oleh air.
  6. Gosok-gosokkan air pada tubuh agar kotoran terbilas oleh air sehingga tubuh menjadi bersih dari kotoran pada permukaan kulit.

Demikian langkah-langkah serta doa mandi wajib setelah berhubungan suami istri yang dapat disampaikan. Informasi lebih lanjut dapat Anda tanyakan langsung kepada yang lebih paham mengenai ilmu agama. Berhati-hatilah jika akan menanyakan perihal mengenai agama karena bila salah akan fatal akibatnya. Anda dapat membeli buku kumpulan doa-doa untuk lebih memperdalam doa-doa yang dapat dipanjatkan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas seperti makan, keluar rumah, mandi wajib, berwudhu dan lain sebagainya. Karena sesuatu yang diawali dengan doa akan lebih barokkah dan di Ridhoi oleh Allah SWT.

Related posts: