Langkah Tepat Beternak Ikan Lele

Budidaya Ikan Lele

Banyak orang beranggapan bahwa budidaya ikan lele di kolam terpal itu cukup mudah. Anggapan itu muncul, karena perawatan ikan lele ini terbilang mudah dengan kebutuhan modal yang relatif kecil dan cepat. Proses pemasaran ikan lele pun tergolong mudah, karena permintaan di pasaran memang sangat melimpah. Sekarang ini, banyak warung-warung makan yang menyajikan hidangan ikan lele, baik itu dibakar maupun digoreng. Dengan begitu, kebutuhan ikan lele setiap harinya tidak pernah surut, justru semakin meningkat.

Tahap Penting Dalam Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Peluang bisnis yang besar dari budidaya ikan lele, menjadikan bisnis ini sangat diminati oleh masyarakat. Selain cara perawatannya yang mudah, untuk beternak ikan ini kita hanya membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas dan tidak perlu di buat kolam permanen, melainkan cukup dengan kolam terpal, sehingga akan lebih mengurangi biaya untuk memulai bisnis ini. Mungkin Anda akan bertanya-tanya bagaimana cara budidaya ikan lele di kolam terpal dengan metode yang sesuai. Jadi, Anda hanya perlu memulai dengan tiga tahan terpenting. Pertama, tentukan lokasi untuk budidaya dan buatlah kolam terpal dengan ukuran yang sesuai, aliri kolam tersebut dengan air sampai kurang lebih 80cm, persiapkan pula benih yang sehat dan peralatan penunjang untuk panen, seperti ember dan juga seser. Ke-dua yaitu tahap antisipasi. Tahap ini dilakukan karena seringkali benih ikan yang baru ditebarkan mati akibat kolam terpal yang baru terkadang masih mengeluarkan bau dan dapat mencemari air. Sebelum penebaran benih, sebaiknya kolam terpal yang telah dicuci dibiarkan beberapa hari terlebih dulu. Setelah itu diberi probiotik untuk menurunkan tingkat kematian lele. Ke-tiga yaitu strategi pemeliharaan lele.  Pakan ikan lele diberikan dengan kadar protein 30-32% dengan pemberian 3-4% dari berat ikan lele sebayak 3 kali sehari sedikit demi sedikit.

Budidaya ikan lele di kolam terpal memang sangat menguntungkan. Selain efektif dan efisien, bisnis sederhana ini sangat menjanjikan hasilnya dengan tetap menjaga cara pemeliharaannya agar diperoleh produk lele yang baik.

Related posts: