Manfaat Jamur Tiram Dan Cara Budidayanya

tips kesehatanMendengar istilah jamur, yang terbesit dalam pikiran adalah beracun atau jenis-jenis jamur yang ada. Tidak semua jamur beracun, bahkan jamur menjadi salah satu bahan makanan yang sangat digemari. Banyak jenis masakan lezat yang mana diolah menggunakan jamur, terutama jamur tiram. Ada beberapa masakan yang barangkali Anda sukai terbuat dari jamur tiram, seperti pepes tahu jamur tiram, jamur tiram pedas manis, dan sebagainya. Tidak heran makanan yang memiliki permukaan yang lebar berwarna putih ini menjadi salah satu menu makanan yang banyak dicari. Untuk mendapatkan makanan matang berbahan dasar jamur tiram ini Anda hanya perlu mendatangi warung makan terdekat.

Manfaat Serta Budidaya Jamur Tiram

Jamur tiram memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh.  Misalnya, untuk Anda dapat menjaga daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi jamur tiram ini. Ternyata jamur tiram yang mana memiliki kandungan vitamin C serta magnesium yang baik untuk tubuh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh karena dengan mengonsumsi jamur tiram tersebut dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebenarnya jamur tiram memiliki banyak manfaat lain baik untuk kesehatan tubuh, seperti membantu melindungi jantung dan menurunkan tekanan darah karena zat ergosterol yang terdapat pada jamur tiram akan bertransformasi menjadi vitamin D jika terkena sinar ultraviolet, hal ini dapat mengatur pertumbuhan sel dalam tubuh, vitamin D yang terdapat pada  jamur tiram ini juga dapat melindungi jantung serta tekanan darah dalam tubuh. Serta masih banyak manfaat lain dari jamur tiram ini.

Jamur tiram memang lumayan mahal. Oleh karena itu, jika Anda mampu untuk membudidayakannya akan sangat menguntungkan untuk Anda. Membudidayakan jamur tiram tidaklah sulit. Anda cukup dengan menanam bibitnya pada campuran serbuk gergaji yang telah dicampur dengan merang atau kuli padi. Menjaga kesehatan tanaman jamur tiram ini Anda dapat merawatnya dengan rutin menyemprot campuran serbuk gergaji dengan merang menggunakan cairan gula merah/ gula Jawa. Hal ini untuk membunuh bakteri yang terdapat pada serbuk gergaji dan merang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: