Tata Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah

Menjadi suatu kewajiban bagi mereka yang mampu untuk mengadakan aqiqah saat anak mereka lahir dan berumur tujuh hari setelah hari kelahirannya. Bagi kita yang ada di Bandung dan sekitarnya, mungkin kita mulai untuk mencari tahu layanan aqiqah Bandung yang bisa membantu kita mempersiapkan tasyakuran untuk aqiqah anak kita nantinya. Namun, sebelum mencari tahu lebih banyak mengenai hal tersebut, tak ada salahnya untuk mengingat kembali tata cara penyembelihan serta syarat hewan untuk aqiqah.

Syarat Hewan Yang Disembelih Untuk Aqiqah

Pertama, mari kita simak terlebih dahulu mengenai syarat yang diisyaratkan untuk kambing yang akan dipakai untuk aqiqah. Berikut ini beberapa syarat yang berlaku.

  • Jenis kambing yang digunakan boleh berjenis kelamin jantan maupun betina. Meskipun sebagian ulama menganjurkan untuk menggunakan kambing jantan, tapi sebagian yang lain membebaskan mengenai jenis kelamin kambing yang akan digunakan tersebut.
  • Umur kambing yang digunakan disesuaikan dengan peraturan umur untuk kambing kurban yaitu untuk kambing, berbagai layanan aqiqah Bandung biasanya menyediakan yang umurnya dua tahun atau yang masuk ke tahun ketiga.
  • Pilihlah kambing yang bagus, sehat. Bukan kambing atau domba yang dalam keadaan sakit atau cacat.

Tata Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah Yang Benar

Selanjutnya, kita bisa mempelajari tata cara untuk penyembelihan hewan aqiqah yang benar. Berikut ini beberapa langkah dalam tata cara yang benar tersebut.

  1. Bacalah basmallah. Jangan lupa untuk membaca basmallah dan diikuti dengan bacaan shalawat nabi dan dilanjutkan dengan membaca takbir.
  2. Disembelih sendiri. Untuk aqiqah, sebaiknya orang tua sendirilah yang menyembelih hewannya. Namun, tidak apa diwakilkan selama menyaksikan proses penyembelihannya.
  3. Bacalah doa untuk penyembelihan aqiqah.
  4. Jangan lupa untuk menghadapkan kambing atau domba yang disembelih tersebut ke arah kiblat dengan posisi yang dimiringkan. Pastikan rusuk kiri berada di sebelah kanan.
  5. Setelah dimasak, daging hewan aqiqah tersebut wajib dibagikan ke orang miskin dan juga tetangga sekitar.

Itulah beberapa langkah tata cara menyembelih hewan aqiqah yang benar. Sekarang Anda bisa mulai mencari layanan aqiqah Bandung terbaik untuk dijadikan solusi tepat acara aqiqah anak.

Related posts:

This entry was posted in Bisnis.